• Koran dan Hidup Yang Lebih Baik..

    Oleh:

    Beberapa waktu belakangan ini, banyak orang yang beranggapan bahwa media konvensional koran, akan menemui ajalnya sebentar lagi. Orang sudah tidak membaca koran lagi sekarang.. Ada banyak cara untuk mendapatkan informasi, ada internet, ponsel cerdas, bahkan yang lagi hits sekarang, tablet semacam iPad. Untuk apa langganan koran lagi, kalo semua informasi bisa kita dapatkan dengan cara yang lebih canggih.

    Padahal sebenarnya, banyak hal dari media canggih tersebut yang belum bisa menandingi koran cetak langganan kita sehari-hari. Faktanya, koran cetak bisa menghemat waktu, uang, bahkan bisa menjadi sumber inspirasi yang menakjubkan di pagi hari kita, selain tentu saja, secangkir kopi panas di pagi yang indah tersebut.

    1. Hemat Waktu

    Tahukah kamu, bahwa sampai desember 2010 saja, ada 255 juta alamat web yang tersebar di jagat raya internet, jika satu alamat web memberikan satu informasi baru saja setiap hari, itu berarti ada 255 juta informasi baru setiap harinya, dan kita sama sekali gak tau mana informasi yang benar-benar happening, mana yang basi.
    Dengan membaca koran semua update informasi yang ada setiap harinya dipadatkan ke dalam 32 halaman rata-rata koran tersebut. Adalah tugas editor untuk menyunting dan memilih info mana yang sedang berkembang, dan mana informasi sampah. Mereka yang repot menyaring jutaan informasi yang ada di luar sana, kita tinggal menikmatinya dengan secangkir kopi, di pagi hari.. On a silver platter, sir..
    Even membaca koran cetak akan jauh lebih hemat jika membaca koran yang sama versi online-nya. Seperti yang kita tau, setiap koran cetak sekarang punya versi yang bisa dibaca dengan koneksi internet itu. Masalahnya adalah, membaca versi online dari koran itu cukup tidak nyaman menurut pendapatku. Koran cetak punya keunggulan fisik dimana kita bisa membuka lebar2 koran tersebut, lalu dipilah-pilah informasi mana yang akan kita baca lebih lanjut. Ini menghemat waktu yang cukup signifikan, orang rata-rata hanya membutuhkan waktu 20 menit untuk menghabiskan satu koran. Tapi kita butuh waktu lima kali lipat lebih lama, untuk mendapatkan jumlah informasi yang sama lewat membaca berita koran versi online.. Gak percaya? coba baca koran kompas hari ini, bandingkan dengan baca versi onlinenya di www.kompas.com ..nah, lebih nyaman yang mana? :-)

    2. Selalu update.

    Dengan informasi yang sudah disunting oleh editor koran tersebut. Kita bisa tau mana informasi yang lagi happening saat ni.. Apalagi buat orang-orang yang super sibuk, mana ada waktu untuk update semua informasi yang beredar saat ini.. Kita hanya butuh informasi terkini dan penting saja.. Seenggaknya kita terhindar dari sekedar mlongo saja di jam istirahat saat teman-teman kita lagi seru-serunya ngomongin isu yang paling hot saat ini.

    3. Sumber ide berlimpah.

    Saat membaca koran, kita pasti akan bisa tau tren apa yang sedang berkembang, kesempatan apa yang sedang terbentang. Dan ini akan merangsang kepala kita untuk mengeluarkan ide yang tidak hanya bagus, tapi juga sesuai dengan situasi dan kondisi saat itu, sehingga tentu saja ide-ide kita akan lebih mudah untuk direalisasikan. Gak bisa dipungkiri bahwa baca koran akan meningkatkan kemampuan kreatif kita.
    Walaupun demikian,  bukan berarti membaca informasi dari media lain adalah haram hukumnya. Bottom line dari tulisan ini adalah, kita jangan semerta-merta meninggalkan sebuah media, hanya karena media informasi yang lebih baru dan lebih canggih sedang tren.
    Semua sumber media diciptakan dengan fitur masing-masing, saran utama aku adalah, penting bagi kita untuk bisa mengatur informasi yang masuk dari sumber media manapun, agar sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan masing-masing.

    dari: